Penyebab Mesin Cuci Berputar Pelan Yang Paling Sering Terjadi

Penyebab mesin cuci berputar pelan – bayangkan jika suatu saat anda ingin mencuci pakaian. Namun mesin cuci mendadak mati. Tentu ini bukanlah masalah besar, akan tetapi cukup menjengkelkan bukan. Apalagi jika pakaian kotor anda sudah menumpuk banyak.

Penyebab Mesin Cuci Berputar Pelan

Kemudian pasti terlintas di pikiran anda pertanyaan kenapa mesin cuci muternya pelan ? Supaya anda tidak penasaran, lewat artikel singkat ini akan coba saya jelaskan beberapa penyebab mesin cuci berputar pelan yang biasa saya temukan di lapangan.

Baca juga : Cara Merawat Mesin Cuci Secara Mudah dan Sederhana

Penyebab Mesin Cuci Berputar Pelan Yang Biasa Terjadi

1. Kapasitor Lemah

Mesin cuci lemah putaran nya biasanya disebabkan oleh kapasitor yang lemah. Kapasitor ini adalah sebuah elco besar yang berisi tegangan listrik. Fungsinya untuk membantu menghidupkan dinamo mesin cuci pada saat pertama kali start. Ukurannya pun tergantung dari seberapa besar dinamo motor tersebut. Letaknya biasanya di bagian belakang mesin cuci.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada AC Split

2. Fan Belt Mesin Cuci Kendor / Longgar

Sebagai penghubung antara motor dinamo dan gearbox, mesin cuci menggunakan fan belt. Jika fan belt tersebut longgar atau kendor juga bisa menyebabkan mesin cuci lemah putaran nya. Biasanya ini disebabkan karena karet fan belt sudah terlalu lama. Namun juga bisa dudukan motor dinamo kendor, sehingga anda perlu men-settingnya ulang.

3. Gigi Gearbox Sudah Rusak

Gearbox mempunyai semacam gigi untuk menghubungkan ke tabung mesin cuci. Jika gigi tersebut rusak atau aus, tentu mesin cuci tidak kuat berputar. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa mengakibatkan pengering mesin cuci putaran nya lambat.

4. Tegangan Listrik Rendah

Tegangan listrik rendah juga bisa mengakibatkan mesin cuci berputar pelan. Hal ini disebabkan karena daya yang di butuhkan untuk menggerakan motor dinamo kurang. Sehingga dinamo mesin cuci cepat panas. Selain itu, juga menjadi salah satu penyebab putaran pengering mesin cuci lemah.

5. Motor Dinamo Lemah

Mesin cuci putaran nya lemah bisa di sebabkan dari motor dinamo itu sendiri sudah lemah. Biasanya gejala nya di awali dengan dinamo mesin cuci berdengung keras, namun tidak kuat untuk berputar. Hal ini juga bisa terjadi pada bagian pengering, sehingga dinamo pengering mesin cuci tidak berputar.

Selain beberapa faktor di atas, lemahnya putaran mesin cuci bisa di sebabkan karena pengaturan speeds pada PCB Modul. Namun ini jarang terjadi, dan hal tersebut hanya terjadi pada mesin cuci satu tabung yang menggunakan modul. Jika anda ragu untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, anda bisa panggil penyedia jasa service mesin cuci yang sudah ahli.

Baca juga : Jasa Service Mesin Cuci Jakarta Selatan Handal dan Profesional

Di atas adalah penyebab mesin cuci berputar pelan. Semoga posting an kali ini bisa menjawab rasa penasaran anda mengenai mesin cuci yang berputar pelan atau bahkan tidak mau berputar. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan di sosial media anda. Terima kasih

One Response

  1. iki urip

Leave a Reply