Penyebab AC Mati Total dan Cara Memperbaikinya

Penyebab AC Mati Total – Sebagai pengguna alat pendingin ruangan, tentunya kita sering mengalami masalah kerusakan yang umum terjadi. Sepertinya misalnya ac mati mendadak, tentu jika anda seseorang yang tidak bisa tidur tanpa menggunakan AC ini akan sangat mengganggu kenyamanan anda bukan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu sebab akibat kerusakan-kerusakan yang terjadi tersebut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan AC mati total, lalu kemudian berakibat AC menjadi tidak dingin. Yang nantinya dari faktor-faktor tersebut bisa menjadi acuan kita untuk memperbaikinya. Namun sebebum itu, alangkah baiknya jika anda membaca artikel bagaimana cara mengatasi AC tidak dingin terlebih dulu.

penyebab ac mati total

…Dan berikut berikut beberapa faktor yang menjadikan tiba-tiba AC mati total.

Terjadinya Konsleting Listrik

Seperti yang kita tahu bersama, AC tidak akan nyala jika tidak mendapatkan aliran tenaga listrik. Dan pada arus listrik biasanya terdapat dua kabel (-) dan kabel (+), jika kedua kabel tersebut saling berhubungan tentu akan terjadi konsleting. Penyebabnya mungkin saja di gigit tikus, atau dari usia kabel tersebut sudah terlalu lama.

Tekena Tegangan Listrik Tinggi Maupun Tegangan Rendah

Voltase listirk pada umumnya adalah 220 Volt, jika tegangan listrik di rumah anda lebih dari 220 atau kurang, tentu ini akan sangat tidak baik untuk kelangsungan alat elektronik. Salah satunya bisa menyebabkan AC mati total. Dalam kontek ini silahkan anda panggil tukang PLN, sampaikan menggapa tegangan listrik di tempat anda lebih atau kurang dari 220 Voltase. Saran yang tepat sebaiknya anda menggunakan stabilizer.

Terkena Petir Setelah Hujan Deras

AC tiba-tiba mati paling sering terjadi setelah hujan deras di sertai petir. Kemudian petir tersebut menyambar di rumah anda, hasilnya semua peralatan elektronik anda tidak bisa di pakai. Jadi penting untuk kita mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, salah satunya dengan memasang alat penangkal pertir di setiap atap tempat tinggal kita. Namun begitu, juga tidak menjadi jaminan semua alat elektronik kita terhindar dari sambaran petir.

Di atas merupakan beberapa faktor yang mengacu AC mati tidak bisa di nyalakan secara tiba-tiba. Lalu kemudian langkah apa saja yang bisa di lakukan jika hal tersebut telah terjadi. Berikut steb by steb usaha kita dalam memperbaikinya. Namun sebelumnya, paling tidak anda harus tahu sedikit tentang listrik untuk mengikuti tips berikut ini. Jadi kalau terjadi sesuatu anda bisa berjaga-jaga sebelumnya.

Langkah-langkah memperbaiki AC mati total

Cek Arus Listrik Pada Stop Kontak

Silahkan anda cek apakah ada arus listrik pada stop kontak untuk AC tersebut menggunakan tespen. Jika tidak ada aliran listriknya, kemungkinan ada kabel yang putus silahkan anda cek lebih jauh mengenai jalur instalasi tersebut. Jika baik-baik saja alias terdapat arus listrik, kita lanjut langkah selanjut.

Cek Relay

Cek relay yang di dalam steker kaki tiga jika AC anda menggunakan colokan tersebut dan pastikan relay tidak putus. Di dalam relay biasanya terdapat satu biji tembaga sebesar rambut. Cara mengeceknya, jika relay tersebut di buat dari kaca bening, bisa dengan menerawangnya dengan cahaya lampu. Namun jika tidak bisa, dapat menggunakan alat clamp ampere / multi tester dan putar pada satuan ohm.

Kemudian tempelkan kedua test lead multi tester antara ujung dengan ujung relay. Jika pada multi tester menunjukan resistensi alias berhubungan, maka relay baik-baik saja. Namun jika tidak, berarti relay tersebut putus. Anda bisa menggantinya dengan relay baru yang bisa anda beli di toko-toko penjual sparpart elektronik atau listrik.

Kemungkinan PCB Modul Error

Apabila sudah anda cek listrik normal dan relay baik, kemungkinan rusaknya terjadi pada PCB modul. Untuk masalah ini di perlukan keahlian khusus untuk mengeceknya. Yaitu orang yang benar-benar mengerti alur pada komponen PCB modul. Jika anda punya keahlian bisa memperbaiki TV, saya rasa anda pasti bisa untuk mencari pada bagian jalur mana yang putus.

…Namun jika anda ragu, sebaiknya jangan. Karena di khawatirkan resiko yang terjadi lebih parah, sebaikan anda panggil teknisi AC yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Anda juga bisa memakai jasa dari kami jika lokasi anda di area Jakarta Selatan. Layanan atau konsultasi masalah AC bisa anda dapatkan dengan cara hubungi tim kami di halaman kontak.

Pada intinya, AC mati biasanya karena tidak adanya aliran listrik yang terhubung pada AC. dan atau terjadi error pada PCB modul control. Namun setidaknya kita tahu sebab akibatnya, sehingga kita bisa melakukan pengecekan seperti yang sudah saya sampaikan di atas.

Sekian artikel dari saya, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah dari hasil pengecek AC mati total yang sudah anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas tadi. Atau jika anda punya pengalaman lain, dapat juga anda share di blog ini.

Jangan lewatkan juga artikel yang menarik untuk anda baca berikut :

2 Comments

Leave a Reply