Ide Penempatan Mesin Cuci Yang Benar dan Keren

ide penempatan mesin cuci

Penempatan mesin cuci yang salah kadang dapat mengganggu pemandangan kita. Terlebih untuk ukuran rumah yang relatif kecil, walau hanya ada 1 unit mesin cuci saja ruangan tampak terlihat penuh. bagitu juga sebaliknya, walaupun rumah memiliki ruangan yang cukup luas, tapi kalau kita salah dalam menata ruang mesin cuci juga akan terlihat berantakan dan kurang rapi.

Oleh karenanya kita harus pandai mendesain tempat mesin cuci agar tetap terlihat keren. Keren saja tidak cukup, Kita juga tetap harus memerhatikan pedoman penempatan mesin cuci yang baik dan benar. Jangan sampai kita mengejar keindahan tempat, namun melupakan aturan pada mesin cuci tersebut.

Hal ini bermaksud agar mesin cuci yang Anda miliki tetap terjaga performa mesin nya, sehingga bisa lebih awet dan tahan lama. Beberapa pedoman yang harus kita ingat saat mencari ide penempatan mesin cuci antara lain :

  • Beri jarak pada bagian kanan, kiri, dan belakang mesin cuci dengan dinding minimal 5 cm.
  • Jauhkan dari ruangan bermain anak-anak.
  • Jangan tempatkan mesin cuci di area yang terkena sinar matahari langsung.
  • Hindari penempatan mesin cuci yang berpotensi ke siram air atau tempat yang lembab.

Nah, dengan mengingat beberapa aturan di atas, maka Anda pun secara tidak langsung sudah mengerjakan tips merawat mesin cuci supaya lebih awet. Sekarang tinggal bagaimana Anda mendekorasi tempat mesin cuci. Jika masih bingung juga, berikut ini beberapa ide penempatan mesin cuci dengan desain unik dan keren yang bisa Anda terapkan.

1. Mesin Cuci di Dalam Rak Khusus

Menempatkan mesin cuci di dalam rak khusus akan terlihat unik. Dengan penempatan mesin cuci di bagian bawah, kemudian bagian atas di lengkapi dengan laci untuk tempat detergen, pewangi, dan yang lain. Selain unik, ini juga dapat membuat ruangan terlihat lebih rapi dan ringkas. Anda bisa membuat sendiri rak tersebut, kalau pun tidak, Anda juga dapat memesan pada tukang mebel yang sudah ahli dalam pembuatan rak.

2. Tempatkan Mesin Cuci di Dalam Lemari Lipat

Kalau biasanya yang Anda simpan di lemari adalah baju, kini saatnya Anda mencoba hal yang baru dengan menyimpan mesin cuci di dalam lemari. Tentu ini akan lebih rapi dan tidak semrawut, selain itu juga menambah keunikan di rumah Anda. Namun juga tetap harus memerhatikan pedoman penempatan mesin cuci yang sudah saya singgung di atas. Baik mesin cuci tipe front loading maupun top loading sangat cocok Anda letakkan di dalam lemari.

3. Mesin Cuci di Bawah Wastafel / Cucian Piring

Di bawah wastafel masih ada tempat ? Ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan mesin cuci yang lebih efisien dan bisa menghemat tempat. Setiap saya berkunjung ke tempat konsumen, juga banyak dari user yang sudah menerapkan cara penempatan seperti ini. Tentunya ini khusus untuk mesin cuci dengan tipe front loading atau bukaan depan. Nah, jika kebetulan mesin cuci Anda sama dengan tipe tersebut, ide ini bisa Anda praktekan.

4. Mesin Cuci di Tumpuk

Kalau untuk penempatan mesin cuci dengan cara di tumpuk seperti ini, tentu ini untuk user yang memiliki lebih dari satu mesin cuci. Biasanya sih pengusaha laundry, alasannya tidak lain supaya tidak memakan banyak tempat. Di Jepang sendiri sudah banyak tempat laundry koin yang menerapkan cara ini. Bagi Anda yang punya usaha laundry, recomended nih cara penyimpanan mesin cuci yang kayak gini.

5. Penempatan Mesin Cuci di Dalam Lemari Pintu Geser

Nah untuk yang satu ini lebih cocok kalau di taruh di bawah tangga. Biasanya tangga mepet dengan tembok dinding, nah di bawahnya bisa kita manfaatkan untuk menaruh lemari dengan pintu geser, kemudian mesin cuci kita taruh di dalam lemari tersebut. Dan kalau sampingnya masih ada tempat, bisa kita manfaatkan untuk tempat menyetrika baju. Tentu ini akan lebih praktis dan simple bukan ?.

6. Mesin Cuci Menyatu dengan Dapur

Jika ruangan dapur cukup luas, mesin cuci juga bisa Anda letakan menyatu dengan dapur. Hal ini memungkinkan kita bisa lebih mudah dalam melakukan pekerjaan rumah tangga secara bersamaan. Contohnya kita bisa mencuci bersamaan dan memasak tanpa harus mondar mandir lagi. Namun perlu di ingat, biasanya dapur identik dengan kotor, maka kita harus menjaga betul kebersihan nya. Jangan sampai mesin cuci terkena kotoran bekas kita memasak.

7. Penempatan Mesin Cuci di Kamar Mandi

Kalau memang sudah tidak ada tempat lagi, namun masih ada sedikit tempat di kamar mandi, ini bisa kita gunakan untuk meletakkan mesin cuci. Taruhlah mesin cuci di bagian pojok dinding, tanpa mengurangi gerak orang saat mandi. Anda juga bisa memberi semacam laci di bagian atasnya untuk menyimpan alat kebersihan lainnya.

Sekarang Anda sudah tahu bukan ide penempatan mesin cuci yang baik dan benar namun tetap unik ?. Tapi semua itu juga harus disesuaikan dengan ruangan di rumah Anda. Kira-kira ide penyimpanan mesin cuci seperti apa yang cocok di tempat Anda, jangan lupa tulis di kolom komentar ya. Terima kasih

Selanjutnya silahkan baca : Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply