Cara Mudah Menyalakan AC Tanpa Remote Hanya Dalam 5 Menit

cara menyalakan ac tanpa remote

Cara menyalakan AC tanpa remote bukan perkara rumit, akan tetapi, ternyata masih banyak pengguna AC yang belum tahu caranya. Sehingga, kadang-kadang mereka bingung kalau pas kebetulan remote AC nya mendadak tidak berfungsi.

Masalah AC tidak bisa dihidupkan menggunakan remote juga belum tentu disebabkan oleh remote tersebut yang rusak, namun ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Dalam hal ini, biasanya harus dilakukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui lebih detail perkaranya.

Faktor utama yang mengakibatkan AC tidak dapat dinyalakan dengan remote adalah tidak adanya respon antara sensor remote dengan sensor yang ada pada PCB Modul. Penyebabnya, bisa karena socket ada yang kendor atau ada jaringan kabel yang putus. Penyebab lainnya adalah pemasangan sensor pada indoor yang kurang pas, yang akhirnya mata sensor tersebut tertutup casing tutup indoor.

Lain halnya jika tiba-tiba AC tidak bisa di remote setelah AC di service atau cuci. Kalau seperti itu, kemungkinan besar mata sensor AC terkena air sewaktu AC tersebut di cuci. Khusus masalah yang satu ini saya juga pernah menulis artikel tentang cara mengatasi sensor AC yang terkena air. Silahkan Anda baca artikel tersebut untuk memecahkan persoalan tersebut.

Sekarang kita sudah tahu penyebabnya kenapa AC tidak bisa dihidupkan memakai remote. Lalu, bagaiamana caranya menyiasati masalah tersebut jika terjadi secara tiba-tiba. Biasanya setiap AC dibekali tombol manual untuk menghidupkan atau mematikan AC tersebut. Nah, dengan memanfaatkan tombol manual tersebut kita bisa menyalakan AC tanpa harus menggunakan remote.

…Namun, untuk melakukan cara menyalakan AC tanpa remote ini kita harus tahu terlebih dulu letak tombol manual tersebut. Dan berikut langkah-langkah yang bisa kita kerjakan untuk menemukan tombol tersebut, sekaligus cara nyalakan AC secara manual.

Cara Menyalakan AC Tanpa Remote

1. Silahkan Anda buka tutup atau casing indoor bagian atas pada AC Anda.

2. Cari tombol kecil untuk menyalakan AC tesebut. ( silahkan lihat pada gambar di atas postingan ini ).

3. Jika sudah ketemu, silahkan Anda tekan tombol tersebut, maka AC akan nyala.

Sedangkan untuk mematikannya pun caranya juga sama, kita harus menekan tombol tersebut. Dengan begitu, saya ucapkan selamat Anda telah berhasil menyalakan atau pun mematikan AC tanpa harus menggunakan remote control.

Perlu kita ketahui juga, kalau ini kita hanya bisa menghidupkan dan mematikan AC saja. Artinya, kita tidak dapat merubah suhu temperature, speed kipas fan, atau pun juga motor swing. Sehingga, untuk mengoperasikan semua itu kita tetap harus menggunakan remote.

Pada AC keluaran tersebut, biasanya ada juga yang tidak dibekali tombol manual. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan remote universal sebagai alternatif dengan yang lumayan murah. Karena, untuk harga remote AC yang original juga relatif cukup mahal.

Dengan membaca tulisan ini Anda sekarang sudah tahu cara menyalakan AC tanpa remote, yang mana hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit Anda pun sudah berhasil melakukannya. Jika Anda rasa postingan ini bermanfaat, silahkan Anda share ke sosial media Anda.

Tidak lupa juga, sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah mengenai cara menyalakan AC tanpa remote ini. Selanjutnya, silahkan Anda baca tips menarik tentang cara mengatasi AC yang sering mati hidup sendiri.

Leave a Reply