Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mudah Memperbaikinya

penyebab mesin cuci nyetrum

Sering kali saya menerima pengaduan atau pertanyaan masalah mesin cuci nyetrum. Hal tersebut kerap saya dapatkan melalui email maupun SMS. Kerusakan seperti itu memang bukanlah jenis permasalah yang baru, namun masih banyak juga pengguna yang masih belum tahu.

…Sehingga menimpulkan rasa penasaran dan mencari informasi mengenai penyebab mesin cuci nyetrum. Salah satunya mungkin anda, oleh sebab itu anda sampai mengunjungi website ini. Sebagai penyedia jasa service mesin cuci profesional, tentu kami tahu maksud akan tujuan anda. Karena memang selain melayani pemesanan jasa, website ini juga menyajikan informasi yang berhubungan dengan permasalahan alat elektronik. Silahkan anda kunjungi halaman daftar isi untuk informasi lainnya.

Seperti pada artikel yang sudah saya tulis sebelumnya, saya selalu mengajak pembaca untuk mencari titik penyebab masalahnya dalam memperbaiki kerusakan. Tidak lain halnya dalam memperbaiki mesin cuci kali ini. Dengan begitu, tentu kita akan mudah dalam menerapkan solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang tengah berlangsung.

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Paling Mudah Mengatasinya

1. Kabel Yang Terkelupas

Kita tidak tahu seberapa lama mesin cuci kita. Yang jelas yang namanya barang elektronik tentu semakin lama semakin berkurang daya tahannya terhadap air, suhu dan cuaca. Kabel yang terkelupas juga dapat menyebabkan mesin cuci anda nyetrum. Hal ini karena hilangnya kulit kabel tersebut.

Biasanya ini terjadi untuk mesin cuci yang sudah berusia lama. Kabel tersebut menjadi gampang mudah rapuh. Selain itu, yang paling umum di sebabkan karena di makan tikus. Tidak tahu kenapa tikus suka banget dengan kabel, bahkan kabel yang ada aliran listriknya pun dia makan.

Saran dan Solusi
Pastikan dulu kalau tidak ada kabel yang terkelupas. Jika ternyata ada, sambung kabel tersebut menggunakan solasi. Cek dengan cermat dan teliti, dan anda pastikan tidak ada lagi kabel yang terkuliti sehingga mesin cuci bebas dari aliran listrik dan aman untuk di pakai.

2. Grounding

Dalam kelistrikan grounding memang di perlukan, ini berguna untuk mencegah terjadinya kontak langsung antara makhluk hidup dengan tegangan listrik akibat kegagalan isolasi. Akan tetapi beda pada mesin cuci, grounding yang terjadi pada alat elektronik karena adanya setrum sisa.

Tegangan nya pun juga tidak terlalu kuat, namun bisa mengejutkan. Jika kita pegang erat maka tidak akan nyetrum, tetapi jika kita pegang nya perlahan setrum tersebut sangat terasa. Apabila seperti ini, maka ada dua cara alternatif yang bisa kita coba.

Pertama : Silahkan anda balik colokan yang ke stop kontaknya. Misalnya pada saat mesin cuci terjadi grounding colokan pada posisi A, maka sekarang silahkan anda balik dengan posisi B. Biar tidak pusing, silahkan lihat gambar di bawah ini.

membalik colokan untuk mengatasi mesin cuci nyetrum karena ground

Kedua : Jika dengan membalik colokan tetap tidak mengatasi masalah, cara paling mudah yaitu dengan memasang ground pada mesin cuci. Dalam hal ini sudah pernah saya bahas pada artikel tips memasang grounding pada alat elektronik, silahkan anda baca. Langkah-langkah dan bahan yang di gunakan juga sama, anda tinggal praktikkan sesuai prosedur yang sudah saya ajarkan.

3. Kontak Body

Motor dinamo yang lemah dapat menyebabkan kontak body. Hal ini bisa jadi karena ampere / kekuatan motor dinamo tersebut sudah mulai mencapai batas maximal. Bisa di pastikan umurnya juga tidak akan bertahan lama, cepat atau lambat mesin cuci anda sudah waktunya pensiun.

Cara melihatnya kita butuh alat yang namanya muti tester, posisi kan kontrol multi tester pada satuan Ohm. Kemudian tempelkan kabel test lead yang satu pada motor dinamo, dan yang satunya pada bagian body mesin cuci yang tidak ada cat nya. Jika multi tester menunjukkan ada nya hubungan atau resistensi, berarti motor dinamo mesin cuci sudah lemah. Jika tidak ada terhubung, artinya sebaliknya dalam kata lain mesin cuci normal.

…Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan mesin cuci berputar lambat. Dalam hal ini, solusi alternatif yaitu dengan menggulung ulang dinamo tersebut. dan atau jika anda memiliki cukup banyak budget, anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru. Lebih aman nya lagi jika anda ganti mesin cuci baru. Harga mesin sekarang juga cukup relatif murah.

Di atas adalah penyebab dari pada masalah mesin cuci nyetrum dan langkah-langkah yang dapat kita coba untuk mengatasinya. Semoga bisa anda pahami, dan bermanfaat. Jika di rasa anda ragu untuk melakukannya, silahkan tinggalkan pertanyaan anda pada komentar di bawah, dan atau bisa langsung menghubungi kami di halaman kontak. Salam

Leave a Reply