Cara Mengatur Remote AC Agar Bisa Dingin Secara Maksimal

cara mengatur remote ac

Bagaimana cara mengatur remote AC agar lebih dingin ?. Tentunya setiap pengguna mesin pendingin menginginkan AC nya selalu dingin sepanjang hari. Dengan begitu, tingkat kenyamanan saat beristirahat atau aktifitas di dalam ruangan dapat terpenuhi secara maksimal. Bisa dibayangkan jika kita berada di suatu ruangan seharian, AC nya ada tetapi tidak begitu dingin, pastinya keringat pun akan bercucuran keluar dan tentu ini sangat mengganggu bukan ?.

Lalu kenapa AC tersebut tidak bisa dingin secara optimal ?. Tentu untuk menjawab pertanyaan seperti itu dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut pada AC tersebut. Pasalnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi AC kurang dingin. Salah satu faktor yang sering terjadi yaitu karena AC kotor.

Baca juga : Alasan Mengapa AC Harus di Service Secara Rutin 3 Bulan Sekali

Jika ternyata Anda sudah melakukan pembersihan secara konsisten namun juga tetap tidak membuahkan hasil, mungkin ada yang bermasalah dengan AC Anda. Panduan cara memperbaiki AC tidak dingin pun juga sudah pernah saya tulis di postingan saya yang lain. Namun perlu di ingat, untuk mengikuti panduan tersebut setidaknya Anda harus punya keahlian dibidang AC maupun kelistrikan.

Kenapa begitu ?, karena dikwatirkan jika Anda tidak menguasai bidang tersebut malah terjadi kerusakan yang semakin fatal. Jadi, kalau masih ada keraguan di dalam diri Anda sebaiknya minta bantuan pada teknisi yang sudah berpengalaman. Namun, jika hanya sekedar ingin tahu silahkan Anda baca dan pahami saja.

Baca juga : Panduan Memperbaiki AC Tidak Dingin Lengkap A sampai Z

Kembali lagi ke topik pembahasan artikel ini yaitu cara mengatur remote AC agar lebih dingin. Tips yang ingin saya sampaikan ini sebenarnya cukup sederhana, namun jika bisa Anda terapkan dengan benar dampaknya luar biasa. Diantaranya AC menjadi lebih dingin maksimal dan bisa lebih awet.

Mungkin saja jika selama ini Anda merasa AC di tempat Anda tidak begitu dingin ada yang salah pada pengaturan remote nya. Oleh sebab itu, silahkan ikuti beberapa tips cara mengatur remote AC yang benar berikut ini.

1. Pastikan Settingan Mode Remote ke Posisi Tanda Bintang ( * ) atau Cool

Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin mengatur remote control AC pastikan pengaturan mode pada posisi tanda ( * ) atau cool. Karena jika Anda salah menggunakan mode ini tentunya AC tidak bisa dingin.

Seperti misalnya jika Anda memilih mode fan, maka hanya kipas fan indoor saja yang bekerja sedangkan mesin kompresor tidak. Alhasil, rasanya AC seperti kipas angin biasa dan tidak menghembuskan hawa dingin sama sekali.

Tidak sedikit pengguna yang tidak mengetahui hal ini, dan akhirnya terjebak pada mode fan. Oleh sebab itu, mulai sekarang coba lihat pada display remote AC Anda apakah sudah benar atau belum.

2. Setting Temperature Pada Remote di Suhu 16ºc – 18ºc Agar Dingin Lebih Maksimal

Menggunakan suhu temperatur di kisaran 16ºc hingga 18ºc menjadikan mesin kompresor stundby dalam waktu yang tidak terlalu lama. Ini artinya, jika suhu di dalam ruangan sudah menjadi 16ºc maka mesin kompresor akan mati, dan akan hidup kembali jika suhu tersebut sudah mulai naik.

Tentunya dengan mengatur suhu seperti itu tingkat dingin pada ruangan menjadi konsisten dan selalu sejuk. Sedangkan yang mengatur kapan mesin kompresor akan stundby dan kapan akan bekerja kembali yaitu thermistor. Alat ini bertugas mengatur suhu ruangan agar sesuai dengan selera pengguna.

Baca juga : Fungsi dan Cara Kerja Thermistor Pada AC Split

3. Setting Perputaran Kipas Fan ke Pengaturan Penuh ( full )

Dengan mengatur RPM kipas fan pada posisi maksimal maka hawa dingin akan cepat merata ke dinding ruangan. Karena, prinsip kerja AC itu pertama mendinginkan dinding ruangan, kemudian ke lantai, lalu terasa ke tubuh pengguna.

Sayangnya tidak semua orang menyukai pengaturan ini, pasalnya hembusan angin yang secara langsung mengenai ke tubuh pengguna juga tidak baik untuk kesehatan. Terlebih jika Anda rawan sering masuk angin apabila terkena hawa dingin AC.

Untuk menyikapi permasalahan ini kita bisa menggunakan trik, yaitu dengan memasangkan akririk AC. Apa itu, dia adalat alat yang berfungsi untuk mencegah hembusan angin AC agar tidak langsung ke tubuh pengguna.

Baca juga : Pakailah Akrilik AC Agar Tidak Mudah Masuk Angin Saat Menggunakan AC

4. Gunakan Pengaturan Swing Yang Terus Bergerak

Maksudnya, pada indoor AC pasti ada daun yang bisa terbuka dan tertutup saat AC dinyalakan dan dimatikan. Nah, itu silahkan Anda atur agar daun tersebut terus bergerak ke bawah dan ke atas. Cara mengaturnya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan remote control AC itu sendiri.

Pada remote AC silahkan tekan tombol Swing atau pada remote tertentu juga tertulis switch speed. Kemudian Anda pencet-pencet cari sampai pada pilihan daun swing terus bergerak naik dan turun secara berlahan. Jika sudah ketemu, maka biarkan pada posisi pilihan tersebut.

Sebenarnya ini juga untuk mendukung pengaturan pada point 2 tadi, yaitu agar hembusan angin AC bisa lebih cepat merata keseluruh bagian ruangan. Dengan begitu, pastinya hawa dingin akan lebih tahan lama dan bisa maksimal secara konsisten.

Nah, itulah beberapa cara mengatur remote AC agar bisa lebih dingin yang tentunya harus di dukung dengan kondisi AC yang selalu prima. Seperti misalnya, mesin kompresor normal alias tidak bermasalah, tekanan freon full, dan juga kebersihan AC selalu terjaga.

Harus saya ingatkan juga, bahwa panduan cara setting remote AC di atas berlaku untuk semua merk. Termasuk Sharp, Panasonic, Daikin, LG, dan merk-merk AC yang lainnya.

Semoga sedikit tips di atas bermanfaat untuk pembaca sekalian, silahkan sampaikan tanggapan Anda tentang tulisan cara mengatur remote AC agar lebih dingin kali ini di kolom komentar. Selanjutkan silahkan Anda baca : Cara Paling Mudah Menyalakan AC Tanpa Remote.

Leave a Reply