Cara Memanfaatkan Indoor AC Bekas Menjadi Kipas Angin

memanfaatkan indoor ac bekas

Tahukah Anda, ternyata indoor AC bekas bisa di manfaatkan sebagai kipas angin. Tentunya ini adalah sebuah inovasi kreatif dengan memanfaatkan barang bekas. Bekas dalam artianya masih bisa di pakai dan bermanfaatkan baik untuk kita sendiri maupun orang lain. Nah, postingan kali ini akan membahas bagaimana cara memanfaatkan indoor AC bekas agar bisa digunakan kembali. Mau tahu caranya, silahkan baca ulasan berikut ini sampai selesai.

Indoor AC bekas yang bisa kita manfaatkan menjadi kipas angin yaitu untuk tipe AC konvensional, dan tidak untuk AC inverter. Kenapa, karena sistem kelistrikan AC inverter harus terkoneksi dengan unit outdoor. Jadi, untuk mengoperasikan AC Inverter harus bersamaan unit outdoor dengan tipe yang sama.

Baca juga : Kelebihan dan Kelemahan AC dengan Teknologi Inverter

Beda dengan AC konvensional, dimana kita bisa mengkanibal dengan AC konvensional manapun asal masih dalam ukuran PK yang sama walupun berbeda merk sekali pun. Namun yang ingin saya sampaikan disini bukan bagaimana cara mengkanibal AC tersebut, melain seperti yang sudah saya katakan di awal yaitu memanfaatkan indoor AC bekas untuk digunakan sebagai kipas angin.

Seperti misalnya, Anda punya indoor AC bekas namun telah rusak karena ada kebocoran pada evaporator nya. Nah, ini bisa Anda manfaatkan kembali asal komponen yang lain seperti pcb modul, kipas fan masih dalam kondisi normal.

Cara Memanfaatkan Indoor AC Bekas Menjadi Kipas Angin

Dalam hal ini katakanlah AC sudah kita bongkar alias tidak dalam posisi terpasang di dinding. Selanjutnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Silahkan Anda copot bagian evaporator pada indoor AC bekas tersebut.

2. Setelah berhasil Anda cobot, silahkan Anda cuci unit indoor tersebut menggunakan sabun deterjen dengan catatan jangan sampai air mengenai bagian pcb modul. Anda juga bisa menggunakan compont untuk membersihkan bagian body agar terlihat lebih bersih seperti baru.

3. Setelah semua selesai dan juga sudah Anda keringkan, sekarang silahkan Anda pasang indoor AC bekas tersebut pada dinding rumah Anda menggunakan breaket. Terserah mau di pasang di kamar, ruang tamu, atau ruangan yang lain.

4. Selanjutnya silahkan koneksikan kabel power ke listrik, kemudian silahkan Anda coba nyalakan AC tersebut menggunakan remote.

Selamat, sampai disini Anda telah berhasil memanfaatkan indoor AC bekas menjadi kipas angin. Kalau pun ternyata tidak bisa Anda nyalakan menggunaka remote, masih ada cara lain yaitu dengan manual.

Baca juga : Cara Mudah Menyalakan AC Tanpa Menggunakan Remote Hanya Dalam 5 Menit

Perlu saya ingatkan kembali, kondisi indoor yang bisa manfaatkan menjadi kipas angin apabila yang rusak pada bagian evaporator nya. Kalau terjadi kerusakan pada pcb modul atau bagian motor fan nya tentunya tidak bisa. Kecuali jika kita mau memperbaikinya terlebih dahulu.

Dan kalau pun kondisi indoor dalam keadaan normal semua, sayang juga kalau kita bongkar untuk dijadikan kipas. Karena indoor tersebut masih bisa di gunakan atau kita kanibal dengan unit outdoor AC konvensional lainnya.

Bagaimana tingkat kenyamanannya, apakah sama dengan kipas angin pada umumnya ?

Kalau yang saya rasakan lebih sejuk pakai indoor AC bekas dibanding dengan kipas angin biasa. Dan angin nya pun juga bisa menyebar keseluruh ruangan. Soal kerapian jangan di tanya lagi, tentunya pasti lebih rapi pakai indoor AC bekas. Selain itu, jika ada tamu yang datang dan tidak tahu pasti akan mengira kalau rumah kita memakai AC. hehe

Nah, itulah sedikit dari pengalaman saya pribadi yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga apa yang sudah saya bagikan di atas bisa menginpirasi khususnya dalam memanfaatkan indoor AC bekas agar bisa digunakan kembali.

Anda butuh AC bekas maupun baru untuk area Jakarta Selatan, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak. Untuk AC bekas yang kami tawarkan rata-rata masih dalam kondisi 75% – 90%, juga menerima jual beli baik baru maupun second.

Leave a Reply