Kenapa Kulkas Tidak Dingin? Padahal Lampunya Nyala

kulkas tidak dingin tapi lampu nyala

Seringkali saya mendapat pertanyaan “mas, kenapa kulkas tidak dingin, tapi lampu nyala?“. Sebenarnya tidak ada masalah dengan pertanyaan tersebut, mungkin orang tersebut benar-benar tidak tahu. Atau bisa jadi mungkin Anda salah satu orang yang menanyakan hal yang sama.

Oleh karena itu, melalui postingan ini saya ingin menjelaskan tentang masalah kulkas tidak dingin, tapi lampunya menyala. Sebenarnya mengenai penyebab kulkas tidak dingin sudah saya bahas pada tulisan saya yang lain.

[ Baca : Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Harus Kamu Tahu ]

..Silahkan baca postingan tersebut, dan pada tulisan kali ini saya hanya ingin menambahkan beberapa poin saja.

Perlu saya jelaskan dan mohon diingat, masalah kulkas tidak ingin itu tidak ada kaitannya dengan lampu di dalam kulkas. Lampu tersebut hanya sebagai penerangan saja, dan tidak mempengaruhi kulkas tersebut dingin atau tidak.

Karena dia sistemnya sama kaya lampu pada umumnya, bila pintu kulkas dibuka maka lampu akan nyala, dan bisa kulkas ditutup maka lampu akan mati. Karena pintu tersebut yang menekan saklar lampu saat pintu di tutup.

Sedangkan kulkas tidak dingin itu bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang mana ini diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui penyebabnya yang lebih detail. Namun dari banyaknya kasus, berikut ini beberapa yang menjadikan kulkas tidak dingin.

1. Saluran freon buntu, biasanya terjadi di bagian filter.

Pernah mendengar kulkas mampet atau buntu ? Nah, yang di maksud buntu tersebut yaitu sirkulasi mampet. Biasanya hal ini terjadi di bagian filter yang mana memang pada bagian tersebut sangat kecil lubang sirkulasinya.

..Sehingga, apabila pada bagian filter tersebut terdapat kotoran sedikit saja menyebabkan sirkulasi freon buntu. Kerusakan seperti ini biasanya di tandai dengan kulkas tidak dingin secara bertahap, dan pada bagian kanan-kiri ( kondensor ) kulkas tidak ada hawa panas jika di pegang.

2. Mesin kompresor mati atau ampere sudah mulai naik melebihi batas maksimal.

Jadi, pada sebuah mesin kompresor itu mempunyai batas maksimal ampere atau bisa kita sebut kekuatan. Nilai ampere ini pun biasanya tergantung besar kecilnya ukuran ( PK ) kompresor tersebut.

Nah, jika nilai ampere ini naik melebihi batas maksimal itu artinya mesin kompresor sudah dalam kondisi tidak normal. Penyebabnya bisa karena tegangan listrik yang tidak stabil, tekanan freon terlalu banyak, atau memang dari usia pemakaian sudah terlalu lama.

Masalah seperti ini biasanya ditandai dengan kulkas tidak dingin, ada juga jika kulkas dicolokan ke listrik, maka MCB jadi turun. Itu karena beban terlalu berat akibat dari ampere naik itu tadi.

[ Baca : Penyebab Listrik Turun Saat Menyalakan AC ]

3. Terdapat komponen yang tidak berfungsi ( rusak ).

Masalah kulkas tidak dingin tapi lampu nyala selanjutnya yaitu adanya komponen yang tidak berfungsi atau dalam kata lain rusak. Komponen tersebut bisa thermostat, overload, atau masalah kelistrikan lainnya.

Seperti yang sudah saya katakan di awal, tentu dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh teknisi yang sudah ahli. Atau jika Anda kebetulan tinggal di daerah Jakarta Selatan, Anda juga bisa memakai jasa dari kami. Caranya dengan menghubungi kami melalui halaman kontak.

[ Baca : Panduan ! Cara Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin ]

Nah, itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai kenapa kulkas tidak dingin tapi lampu nyala. Sekali lagi saya ingatkan, bahwa kulkas tidak dingin itu tidak ada kaitannya lampu yang ada didalamnya nyala atau tidak.

Semoga dengan adanya postingan ini bisa membantu anda sekalian, dan jika masih ada yang belum di mengerti silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.