Alasan Kenapa Kulkas 1 Pintu Ada Bunga Es Yang Sangat Banyak

kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es

Apakah Anda salah satu dari pengguna lemari es yang masih belum tahu alasan kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es. Jika betul, silahkan baca ulasan berikut ini sampai bawah, karena pada kesempatan ini saya ingin menerangkan kenapa bunga es tersebut sering terjadi pada kulkas 1 pintu.

Sebenarnya bunga es itu menandakan bahwa lemari es tersebut dalam kondisi dingin dan normal. Hal tersebut tidak hanya terjadi pada kulkas 1 pintu saja, bahkan untuk tipe lemari es 2 pintu dan perangkat pendingin lainnya seperti freezer box pun akan mengalaminya.

Bedanya kalau untuk kulkas 2 pintu tidak kelihatan karena letak evaporator di dalam dan tertutup. Selain itu, lemari es 2 pintu juga sudah dilengkapi dengan alat fuse heater dimana ini berguna untuk mencairkan bunga es secara otomatis. ( baca juga : fungsi fuse heater pada kulkas 2 pintu )

Lain halnya lagi untuk jenis kulkas 1 pintu yang kebanyakan tidak dilengkapi oleh alat tersebut. Sehingga, kita pun harus rutin membersihkannya setidaknya sebulan sekali. Cara membersihkannya pun harus mengikuti prosedur alias tidak sembarangan. Misalnya tidak boleh menggunakan benda tajam semacam pisau, karena dikwatirkan evaporator ketusuk kemudian terjadi kebocoran freon.

Nah, berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es yang kadang cukup mengganggu. Pasalnya, kita pun menjadi kesulitan untuk mengambil es batu atau makanan lainnya.

Terlalu Banyak Terdapat Uap Air di Dalam Kulkas

Faktor utama yang menyebabkan kulkas 1 pintu ada bunga es yaitu karena terdapat uap air. Sering buka tutup kulkas dan memasukan makanan yang masih panas dapat memicu timbulnya uap air. Kemudian uap air tersebut terkena suhu yang sangat rendah sehingga menjadi gumpalan es kecil.

Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus tentu akan semakin banyak bunga es yang ditimbulkan dari uap air tersebut. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang dapat memicu munculnya uap air di dalam kulkas terutama di bagian freezer.

Mengatur Suhu Temperature Terlalu Rendah

Hasil proses perubahan dari tekanan tinggi ke tekanan rendah pada kompresor berubah menjadi suhu dingin akan di tampung pada evaporator. Lamanya kompresor bekerja untuk mendinginkan ruangan di dalam kulkas ditentukan oleh thermostat. Sehingga, semakin kita mengatur suhu terendah pada thermostat maka kompresor juga semakin lama bekerja.

Tentunya hal tersebut menyebabkan evaporator mengalami pengembunan, dan embun tersebut akan menjadi bunga es karena suhu yang sangat rendah. ( baca juga : fungsi dan cara kerja thermostat pada lemari es )

Karena Kulkas 1 Pintu Tidak dilengkapi Dengan Alat Pencair Bunga Es

Seperti yang sudah saya katakan tadi, kulkas 1 pintu beda dengan kulkas 2 pintu dimana tidak terdapat alat pencair bunga es otomatis. Sebenarnya hal ini lebih mengarah ke point 2 tadi, yaitu ruangan freezer yang terlalu dingin lama kelamaan pasti akan timbul bunga es.

Sebetulnya ada juga lemari es 1 pintu yang sudah ada fitur heater nya, namun untuk kebanyakan kulkas yang sering kita temui belum ada. Oleh sebab itu, jika Anda ada rencana membeli kulkas 1 pintu sebaiknya pilih yang sudah ada fitur untuk mencairkan bunga es nya.

Di atas sudah saya jelaskan beberapa alasan kenapa kulkas 1 pintu ada bunga es. Semoga tulisan ini bisa menjawab rasa penasaran Anda akan misteri bunga es yang ada pada sebuah lemari es. Silahkan share tulisan ini jika menurut Anda bermanfaat, selanjutnya silahkan baca : Beberapa Hal yang Menyebabkan Kulkas Tidak Dingin.

2 Comments

  1. Julius Riade

Leave a Reply