5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

Tak sedikit yang belum tahu apa ciri ciri kompresor kulkas rusak. Alasannya tidak lain mungkin karena tidak memiliki keahlian di bidang mesin pendingin. Saya pun sering menerima pesan baik lewat email maupun Chat WhatsApp yang isinya menanyakan kenapa kulkas tidak dingin ? kenapa kompresor kulkas mati hidup ? dan pertanyaan semacam itu lainnya.

Oleh karenanya, terlintas di pikiran saya untuk membuat tulisan yang membahas masalah kompresor kulkas ini. Tujuannya supaya pembaca yang lain nantinya juga tahu apa sih tandanya apabila kompresor kulkas itu bermasalah. Bukan maksud saya juga untuk menggurui rekan rekan teknisi yang sudah lama berkecimpung di dunia mesin pendingin. Saya hanya ingin menyampaikan beberapa poin ciri ciri kompresor kulkas rusak yang paling umum terjadi berdasarkan dari pengalaman pribadi.

Seperti yang kita ketahui, kompresor merupakan alat utama pada setiap mesin pendingin. Bisa ibaratkan ini adalah nyawa dari sebuah mesin refrigerator. Tentunya jika alat ini rusak, baik kulkas maupun AC sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karena hanya dengan kompresor inilah proses pendinginan dapat terjadi. Nah, berikut ini tandanya apabila sebuah mesin kompresor rusak.

Kulkas Menjadi Tidak Dingin

Ciri ciri pertama yang mudah kita kenali yaitu kulkas menjadi tidak dingin. Apabila tadinya untuk membuat es batu bisa jadi beku, tapi sekarang tiba tiba mencair lagi, ada indikasi kompresor pada kulkas tersebut rusak. Namun, kita juga tidak bisa langsung memvonis 100% karena sebenarnya ada banyak kemungkinan kalau kulkas tidak dingin. Dalam hal ini saya sudah pernah menulis artikel yang berjudul penyebab kulkas tidak dingin, silahkan Anda baca.

Suara Kompresor Keras dan Berisik

Anda pernah mendengar suara mesin kompresor kulkas menjadi keras dan berisik ? Nah, itu tandanya kompresor tersebut sudah mau mati. Biasanya tinggal nunggu dua atau tiga hari kedepan pasti akan mati total. Penyebabnya bisa karena usia dari kompresor tersebut sudah telalu lama, sehingga ada alat pada bagian dalam yang sudah aus. Alhasil suaranya menjadi berisik dan cukup mengganggu telinga.

Ampere Kompresor Naik Melebihi Batas Maksimal

Apabila kita cek ampere kompresor menjadi naik melebihi batas maksimal, ini juga merupakan gejala kompresor kulkas rusak. Namun dalam hal ini kita juga harus memeriksa tekanan freon nya, masalahnya kalau tekanan freon terlalu banyak juga bisa berakibat ampere naik. Jadi, kita harus mengetahui berapa PSI tekanan freon dan juga berapa maksimal ampere kompresor tersebut. Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan apakah mesin kompresor benar rusak atau hanya kebanyakan kita mengisi gas freon.

Mesin Kompresor Hanya Terdengar Suara Berdengung Saja

Dalam hal ini kulkas tetap nyala, namun pada mesin kompresornya hanya berdengung tidak sampai nyala normal. Penyebabnya bisa karena tegangan listrik terlalu rendah, atau malah habis terkena tegangan tinggi atau rendah. Kalau sudah seperti ini, biasanya tidak lama lagi ampere kompresor akan naik kemudian mesin akan mati.

Kompresor Tidak Mau Hidup Sama Sekali

Nah, ciri ciri kompresor kulkas rusak yang terakhir ialah mesin tidak mau nyala sama sekali walaupun kita colokan ke listrik. Dalam hal ini juga bisa mungkin relay PTC atau overload nya putus. Oleh karenanya kita harus test dengan memberi tegangan listrik pada kompresor secara langsung. Baca juga : Pengertian dan Fungsi Overload Pada Lemari Es.

Di atas sudah saya jelaskan ciri ciri kompresor kulkas rusak, sekali lagi di sini bukan maksud penulis mengurui. Namun, jika ada yang ingin Anda tambahkan atau ada yang belum bisa dimengerti bisa Anda tulis di kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

6 Comments

  1. Widodo suryo
  2. Eko
  3. Janiwanto

Leave a Reply