Keunggulan AC Daikin VRV System Mesin Pendingin Tercanggih

keunggulan ac daikin vrv system

Keunggulan AC Daikin VRV System – Tentu Anda sudah tidak asing dengan alat pendingin menggunakan teknologi Inverter. Namun bagaimana dengan VRV System, apakah Anda sudah tahu juga ?. Daikin memang selalu menghadirkan inovasi terbaru untuk setiap apa yang di produksinya. Setelah berhasil sukses menciptakan pendingin ruangan dengan AC Inverter, yaitu sebuah teknologi yang lebih smart untuk mesin penyejuk ruangan. Daikin juga berhasil membuat penggunanya terpakau dengan hadirnya AC VRV System. Jadi tidak heran kalau Daikin masuk dalam daftar merk AC terbaik dan terbagus di seluruh dunia.

Kemudian apa itu yang dimaksud VRV System ? VRV ( Variable Refrigerant Volume ) yang berarti kendali refrigerant dapat berubah menyesuaikan kondisi tertentu. VRV System adalah teknologi pada kompresor Inverter yang sudah di lengkapi dengan CPU, yang mana ini jelas lebih canggih dibanding dengan tipe AC lama. Hampir dari semua aspek melampaui AC Sentral, Split, maupun Split Duct. AC Daikin VRV System multi-split yang artinya satu unit outdoor dapat terkoneksi 1 atau 2 unit indoor, bahkah hingga sampai 64 unit indoor. Tentunya ini sangat kompatibel untuk bangunan komersil yang memiliki ukuran luas.

Dari pengertiannya saja, pasti kita dapat menganalisa apa saja keistimewaan atau keunggulan AC Daikin VRV System tersebut. Oleh karena itu, disini saya akan coba mengupas tuntas dan mengajak diskusi pembaca sekalian apa saja kecanggihan dari AC tersebut. Dan berikut beberapa yang saya tahu dari VRV System yang berhasil saya langsir dari Daikin nya langsung.

AC Paling Hemat Listrik Saat Ini

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Variable Refrigerant Volume ( VRV ) dimana tekanan freon dapat berubah-ubah memungkinkan dapat menghemat energi yang dibutuhkan. Tidak hanya hemat listrik, bahkan ini bisa lebih hemat 50% dari AC konvensional pada umumnya. Di tambah dengan teknologi Inverter yang dimilikinya, yang mana ini dipercaya bisa minimalisir konsumsi daya listrik dan memberi penghematan yang optimal. ( Baca : Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter )

Desain Indoor Mudah Beradaptasi

Tersedianya unit indoor yang cukup banyak dari berbagai macam ukuran dan model, sehingga ini memungkinkan untuk beradaptasi lebih mudah dimana AC akan dipasang. Oleh sebab itu, Anda tidak akan dikwatirkan desain indoor terlalu besar karena Anda bisa memilih ukuran unit indoor yang sesuai. Tipe indoor dari Daikin ini diantarannya tersedia dari model ceiling cassete, ceiling duct, hingga floor standing duct. Selain itu, Anda juga dapat memilih tipe unit indoor hunian jika Anda ingin tempatkan di perumahan.

Operasi System Bisa Dilakukan Menggunakan Laptop / PC

Control AC VRV System Melalui Laptop

VRV System telah dilengkapi dengan sebuah CPU sehingga ini memudahkan dalam pengontrolannya. Seorang teknisi bisa dengan mudah mengetahui pengaturan mana yang belum sesuai atau kerusakan yang mau diperbaiki hanya dengan melihat laporan pada PC. Walaupun begitu, Sayangnya belum banyak teknisi yang dapat mengoperasikan AC tersebut. Sehingga dibutuhkan teknisi ahli yang benar-benar paham dengan VRV System.

Jangkauan Indoor Lebih Luas

Lebih dari dua unit indoor dapat terkoneksi hanya dengan satu unit outdoor. Bahkan bisa terhubung sampai 64 unit indoor sekaligus. Kapasitas kompresor sampai dengan 54 PK, hal ini memastikan dingin yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Tingkat kebisingan mesin lebih rendah, dan sudah menggunakan tipe freon R-410a yang mana ini tipe freon yang free ozone sehingga bisa dibilang VRV System adalah AC super ramah lingkungan. Selain daripada itu, dia juga dapat mengatur temperature yang diperlukan secara terkomputerisasi, dan inilah yang menjadi keunggulan AC Daikin VRV System. ( Baca : Perbedaan Jenis Freon R22, R32, R410 )

Dimanakah AC tersebut dapat diterapkan ? Karena harganya juga tidak murah, maka AC tersebut lebih dominan digunakan oleh perusahaan untuk diterapkan di hotel, perkantoran, mall, dan bangunan komersil lainnya. Namun juga tidak mustahil digunakan untuk hunian rumah tinggal yang memiliki ukuran bangunan luas, misalnya di perumahan-perumahan elit. Berikut beberapa tipe dan fitur pada AC Daikin VRV System tersebut.

UNIT OUTDOOR

Tipe VRV IV
Fitur : Pendinginan saja, R-140a
Keterangan : Menyediakan peningkatan lineup dan teknologi canggih untuk generasi terbaru dari VRV System.

Tipe VRV Seri IV S
Fitur : Pendinginan saja, R-410a
Keterangan : Desain yang menjadikan bangunan terlihat lebih rapi dan jelas dari tampilan luar, dan tidak nampak penyumbatan pemandangan bila dari dalam bangunan.

Tipe VRV WIII
Fitur : Pompa panas, Pemulihan panas, R-140a
Keterangan : Tipe VRV System yang kompitibel untuk bangunan bertingkat tinggi.

Tipe VRV III Outdoor Tunggal
Fitur : Pendinginan saja, R-140a
Keterangan : Seri dari unit indoor tunggal yang sangat cocok untuk rumah, kantor, ruko dan bangunan ukuran sedang lainnya.

Tipe VRV III-Q
Fitur : Pendinginan saja, R-140a
Keterangan : VRV III-Q adalah tipe VRV System yang menawarkan kemudahan dan cepat dalam pemasangan, karena dapat menggunakan pipa refrigerant yang ada.

Tipe VRV IV-HRHW
Fitur : Pendinginan saja, R-140a
Keterangan : Generasi baru VRV yang lebih canggih karena sistem ini menyediakan air panas gratis dan peningkatan lineup.

UNIT INDOOR

1. Tipe Ceiling Mounted Cassete ( Round Flow with Sensing )
Tipe unit indoor yang dapat mendeteksi keberadaan orang dan suhu lantai sehingga tingkat dingin dapat menyesuaikan.

2. Tipe Ceiling Mounted Cassete ( Round Flow )
Menawarkan distribusi suhu dan menawarkan lingkungan hidup yang nyaman dengan aliran udara 360 deratat.

3. Tipe Mounted Cassete ( Compact Multi Flow )
Tipe Indoor VRV yang padat dan hening untuk kenyamanan penggunanya.

4. Tipe 4-Way Flow Ceiling Suspended
Desain unit indoor yang stylish dan ramping memiliki 4 arah aliran udara, sehingga dapat dipasang pada plafon tanpa rongga sedikit pun.

5. Tipe Ceiling Mounted Cassete ( Doble Flow )
Unit dengan ukuran badan yang ringan dan tipis, sehingga memudahkan untuk pemasangan di area yang sempit.

6. Tipe Celiling Mounted Cassete Corner
Dengan badan unit indoor yang ramping sehingga memungkinkan pembuangan udara lebih efektif dari penurunan plafon tempat dimana dia dipasang.

7. Tipe Slim Ceiling Mounted Duct
Indoor dengan model duct yang ramping dan hening sehingga dapat menyesuaikan jika dipasang untuk ruangan terbatas misalnya penurunan plafon.

8. Tipe Ceiling Mounted Duct
Mewujudkan tekanan statis menengah dan tinggi dengan desain saluran yang fleksibel.

9. Tipe Ceiling Suspended
Tipe ceiling suspended menawarkan pemeliharaan yang lebih mudah dengan sirip non embun tanpa bulu sikat implan.

10. Tipe Wall Mounted
Desain panel datar dan stylish pada unit indoor yang dapat diselaraskan dengan dekorasi interior Anda.

11. Tipe Floor Standing
Tipe ini sangat cocok untuk yang memiliki zona perimeter AC.

12. Tipe Concealed Floor Standing
Unit indoor yang bersembunyi di tepi dinding sehingga menciptakan desain interios kelas atas.

13. Tipe Floor Standing Duct
Sangat kompitibel untuk ruangan luas seperti pabrik atau toko-toko besar, karena memiliki aliran udara yang besar.

14. Tipe Unit Ruangan Bersih
AC Daikin yang didesain khusus untuk menciptakan lingkungan yang bersih dengan sedikit kontruksi, sangat cocok diterapkan pada bangunan rumah sakit.

15. Tipe Pengolahan Udara  Outdoor ( Unit Pengolahan Udara )
Sebuah upaya untuk menghasilkan udara segar dan AC dapat dicapai dengan sistem tunggal.

16. VKM-Heat Reclaim Ventilation ( HRV )
Sebuah lineup ventilator perbaruan panas yang dilengkapi dengan kumparan DX sebagai respon telah diverifikasinya persyaratan pendahuluan udara outdoor terbaru.

17. VAM-Heat Reclaim Ventilator ( HRV )
Memungkinkan dapat menciptakan lingkungan berkualitas tinggi oleh persambungan dengan AC.

18. DESICA ( Unit Pengolahan Udara )
Perlakuan untuk mencapai udara yang lebih segar oleh AC dengan sistem tunggal.

19. Unit Penanganan Udara
Daikin menawarkan berbagai unit kondensasi Inverter R-140A untuk digunakan dengan Unit Penanganan Udara ( AHU ) dari 6 HP sampai 60 HP baik untuk ruangan komersil kecil, sedang, maupun besar.

Apabila Anda ingin mempergunakannya pada bangunan rumah tinggal, maka Anda bisa memilih indoor dengan tipe ceiling mounted cassete, tipe wall mounted, atau tipe slim ceiling mounted duct. Sedangkan untuk harga dari AC Daikin VRV System cukup di bandrol cukup tinggi, yaitu untuk tipe VRV IV yang terbaru sekitar 57jutaan. Tentu ini bukan nominal yang kecil, karena kecanggihan AC tersebut sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, AC jenis ini ditujukan untuk industri, pabrik, perusahaan besar atau perumahan elit. ( Baca : Review AC Daikin Seri FTNE-MV R-140A Non Inverter )

Bagaimana menurut Anda ? Melihat keunggulan AC Daikin VRV System dengan teknologi canggih saat ini, apakah Anda berminat untuk membelinya ? Sampaikan tanggapan Anda pada form komentar di bawah. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini berguna dan menambah pengetahuan perkembangan pendingin ruangan saat ini. Salam

Leave a Reply