7 Macam Jenis AC Yang Sering dipakai Orang Indonesia

Macam dan Jenis AC yang dipakai orang di Indonesia – Pendingin udara atau Air Conditioner memiliki fungsi untuk menurunkan suhu pada tempat tertentu. Jelas ini bertujuan untuk menciptakan udara yang bersih dan sejuk, sehingga orang merasa nyaman saat berada di dalam ruangan. Paling sering di gunakan di area perkantoran, mall, sampai hunian tempat tinggal. Lagi-lagi semua itu di tujukan demi kenyamanan seseorang saat beraktivitas.

Jika selama ini anda hanya tahu satu jenis AC saja, maka sebenarnya ada berapa jenis dan tipe AC yang ada di pasaran. Ini di buat agar mesin pendingin bisa menyesuaikan tempat dimana akan digunakan. Karena dari segi model dan ukuran berbeda-beda antara tipe yang satu dengan yang lainnya. Dan berikut beberapa jenis AC yang paling banyak dipakai orang khususnya di Indonesia. Selain itu ada juga beberapa merk AC terbagus yang laris di masyarakat.

1. Tipe Split Wall

Jenis AC split

Tipe AC Split Wall paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. dan mungkin anda adalah salah satu penggunanya. Orang memilih jenis ini karena dari segi harga relatif murah, dan perawatannya pun cukup mudah. Selain itu juga tidak banyak memakan tempat. Sehingga AC split sangat cocok untuk anda yang ingin menggunakan AC namun tidak memiliki cukup banyak tempat. Mempunyai dua bagian, bagian indoor di tempelkan pada dinding ruangan, dan bagian outdoor di taruh di luar ruangan. Memiliki ukuran mulai dari 0,5 PK sampai 2 PK.

2. Tipe Cassette

ac cassete

AC cassette mempunyai bentuk lebih besar daripada AC split. Sama-sama mempunyai dua bagian, namun ada perbedaan cukup jelas pada bagian indoor. Bentuk indoor kotak persegi, dan pemasangannya di tempatkan pada plafon atau langit-langit ruangan atau bangunan. Paling sering digunakan untuk ruangan yang memiliki lebar dan tinggi cukup besar, karena AC ini cukup memakan banyak tempat. Biasanya di pasang di perkantoran, ruko, dan rumah tinggal pun juga ada. Ukuran AC Cassete tersedia mulai dari 1,5 PK sampai 6 PK.

3. Tipe Central

AC central

AC Central sering digunakan untuk mall, hotel, dan gedung-gedung bertingkat. Karena kapasitas AC ini mampu mendinginkan ruangan dengan ukuran yang cukup besar. Dengan metode udara pada ruangan di dinginkan diluar ruangan atau cooling plant, kemudian di alirkan lagi ke dalam bangunan, maka dipastikan dapat menghasilkan dingin yang halus. Hanya tersedia untuk kapasitas besar, oleh sebab itu jarang orang menggunakan AC ini untuk perumahan.

4. Jenis AC Split Duct

ac split duct

Split Duct adalah AC yang memanfaatkan system ducting untuk membagi hawa dingin ke semua ruangan. Ini artinya memiliki banyak pengatur suhu namun hanya ada satu titik sentral control. Fungsi ducting disini yaitu untuk menghantar udara dingin atau panas dari sumbernya menuju ruangan yang akan di kondisikan menjadi dingin. Oleh karena itu, perkembangan ducting baik design dan kualitas selalu harus lebih baik, terutama dari segi material dan perawatan. AC tipe ini sering digunakan untuk mall dan bangunan gedung yang memiliki ruangan luas.

5. Standing Floor

ac standing floor

AC Standing Floor pada bentuk indoornya berdiri, sehingga mudah untuk di pindah-pindah. Karena kepraktisannya tersebut, maka tipe AC ini sering digunakan pada acara resepsi pernikahan, ulang tahun, acara-acara lainnya. Namun tetap pada bagian outdoornya terpisah, walaupun begitu dalam penginstalannya pun cukup mudah. Oleh sebab itu AC ini sering di sewakan atau di pakai seorang pengusaha rental AC.

6. AC Portable

ac portable

Tipe AC Portable adalah mesin kompresor dan indoor jadi satu. Sehingga penggunaannya membutuhkan semacam pipa peralon untuk membuang udara panas kompresor. AC ini sering digunakan untuk kamar kost. Karena mudah dibawa kemana-mana dan harganya cukup bersahabat, jadi sangat cocok untuk anda sebagai mahasiswa yang belum mempunyai banyak penghasilan. ( baca : review portable hendheld air conditioner USB )

7. AC Window

ac window

Sebenarnya AC ini sudah jarang digunakan di lingkungan kita. Karena ini termasuk AC tipe lama dan sudah ketinggalan zaman. Hampir sama dengan AC portable, yaitu kompresor dan dan evaporator indoor jadi satu. Namun bedanya AC window biasa di pasang pada dinding yang sudah di lubangi sesuai ukuran AC tersebut, kemudian AC diletakan pada dinding tersebut menggunakan breaket. Dengan posisi bagian kompresor berada di luar.

Selain dari tujuh jenis AC di atas, ada juga tipe AC yang menggunakan teknologi Inverter, VRV ( Variable Refrigerant Volume ). Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harganya pun untuk AC yang memanfaatkan teknologi tersebut juga lumayan tinggi. ( baca : kelebihan dan kekurangan AC Inverter )

Itulah beberapa jenis AC yang sering kita temui di pasaran, kira-kira tipe pendingin udara yang mana yang anda pilih ?. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita khususnya pengetahuan macam dan jenis mesin air conditioner yang ada. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply