5 Penyebab Hembusan Angin AC Kurang Kencang

hembusan angin ac kurang kencang

Tentunya sebagai pengguna AC kita pernah merasakan hembusan angin AC kurang kencang, atau bahkan sangat pelan. Dimana hal ini adalah wajar dan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang mana akan kita bahas pada postingan kali ini. Sebelum kita berbicara lebih banyak akan hal ini, tidak ada salahnya juga kita bahas dulu apa dampaknya jika hembusan angin AC tidak kencang tersebut.

Salah satu dampaknya yaitu akan terjadi pengumpalan es di bagian evaporator indoor unit. Sehingga hal ini akan mengakibatkan dingin yang dihasilkan oleh AC tersebut pun jadi tidak maksimal. Oleh karenanya, wajib bagi kita baik sebagai pengguna maupun teknisi mengetahui penyebab hembusan AC kenapa terlalu pelan. Hal tersebut juga bertujuan agar kita lebih mudah dalam melakukan langkah-langkah perbaikannya.

Beberapa penyebab atau yang menjadi faktor semburan angin yang dikeluarkan oleh AC tidak bisa kencang tersebut diantaranya.

1. Pengaturan Speed Kipas Fan yang Telalu Rendah

Sering kali beberapa pengguna tidak menyadari kalau ternyata dia menggunakan pengaturan speed kipas fan pada posisi terendah. Akibatnya, hembusan angin yang keluar pun terlalu pelan dan merasa AC nya kurang dingin. Oleh karena itu, sebelum memanggil teknisi AC dengan keluhan tersebut sebaiknya di cek terlebih dahulu apakah kita sudah menggunakan pengaturan remote AC yang benar. Anda juga bisa membaca artikel yang berjudul tips mengatur remote AC agar bisa dingin secara maksimal.

2. Evaporator Pada Indoor Unit Kotor

Evaporator yang kotor juga dapat menyebabkan semburan angin AC tidak bisa kencang. Kenapa, karena kotoran entah debu atau lendir yang menempel pada evaporator tersebut dapat mengganggu perputaran kipas fan. Alhasil, hembusan angin yang dikeluarkan pada kipas tersebut juga semakin pelan. Sedangkan untuk mengatasi masalah seperti ini harus dilakukan over houl indoor unit atau service besar.

3. Baling-Baling Kipas Kotor

Sama seperti halnya evaporator yang kotor, jika baling-baling kipas kotor tentunya motor dinamo akan menjadi berat saat memutar kipas tersebut. Ini artinya, hembusan angin yang dihasilkan juga ikut sedikit karena kipas berputar terlalu pelan. Oleh karena itu kita diharuskan untuk rutin membersihkan AC. Dimana, selain menjaga AC agar tetap awet juga supaya baling-baling kipas tersebut selalu bersih. Baca juga alasan kenapa AC harus di service secara berkala.

4. Kapasitor Fan Lemah

Kapasitor disini letaknya menempel pada PCB modul, dan ini berfungsi menyimpan arus listrik sementara guna untuk menggerakan motor dinamo. Jadi, jika kondisi alat ini sudah tidak normal tentu tenaga yang dihasilkan motor dinamo untuk memutar baling-baling kipas juga tidak bisa maksimal. Solusinya tidak ada cara lain selain kita harus mengganti kapasitor tersebut.

5. Motor Dinamo Lemah

Alat inilah yang merupakan inti dari semua masalah hembusan angin pada AC. Karena dari motor dinamo inilah angin yang keluar indoor unit guna untuk menyebarkan hawa dingin ke seluruh bagian ruangan. Tentunya jika alat ini lemah atau tidak normal baik semburan angin maupun dingin akan berkurang saat AC dinyalakan. Untuk mengatasinya kita bisa mengulung ulang dinamo tersebut, namun hal ini tidak disarankan. Karena jika di gulung ulang juga tidak akan bertahan lama, jadi alangkah baiknya kalau kita ganti saja dengan yang baru.

Nah, itu tadi beberapa faktor yang menyebabkan hembusan angin AC terlalu pelan. Semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan kita pada mesin air conditioner. Jika masih ada yang belum di mengerti bisa Anda tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Dan jangan lupa jika membutuhkan jasa service AC di Jakarta Selatan Anda bisa langsung menghubungi kami melalui halaman kontak. Salam.

Leave a Reply