Fungsi Overload Kulkas Yang Harus Anda Ketahui!

fungsi overload kulkasFungsi Overload Kulkas Pada Sistem Kelistrikan – Dalam setiap peralatan elekronik tentu mempunyai komponen-komponen yang penting. Mulai dari nampak kelihatan mata, sampai yang terkecil tidak jelas bila kita lihat dengan mata telanjangg.

Sebagaimana dengan kulkas, yaitu alat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman, ini juga memiliki komponen kelistrikan yang saling berhubung antara komponen satu dengan yang lainnya. Jika kita kemaren sudah pernah membahas apa itu fungsi thermostat pada kulkas, kali ini kita akan membahas pengertian dan fungsi overload pada kulkas.

Pengertian Relay Overload Pada Kulkas

Relay Overload adalah suatu komponen penting yang terdapat pada system refrigerator. Dalam hal ini tentu kulkas, AC, Freezer dan sejenis mesin pedingin lainnya. Jika ditempat Anda pernah mengalami MCB listriknya sering jepret (turun), padahal daya listrik mencukupi untuk mengcover kebutuhan listrik satu rumah, mungkin ampere pada MCB ditempat Anda terlalu kecil dibanding dengan ampere peralatan elektronik di rumah Anda.

Pada relay overload, kurang lebih sama cara kerjanya dengan MCB. Bedanya, kalau fungsi overload pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, serta sejenis mesin refrigerator lainnya, ini untuk pelindung kompresor dari kelebihan beban listrik.

Fungsi Overload Kulkas

Letak overload sendiri ini menempel langsung pada kompresor. Ada yang modelnya bisa dilepas serta memakai soket, ada juga yang model tanam yaitu langsung ditanam pada kompresor.

Untuk model yang hanya menempel ini, kita bisa saja untuk menggantinya jika terjadi kerusakan. Namun untuk yang model tanam tentu tidak bisa di ganti, tetapi biasanya jarang sekali rusak untuk yang model tanam.

Sampai disini, mungkin ada sebagian Anda yang bertanya kenapa letaknya harus menempel pada kompresor ? Kalau tidak, apakah mengakibatkan kerusakan ?

Baik, karena ini berfungsi untuk mengontrok temperatur kulkas yang jika ada kelebihan beban listrik yang tidak stabil. Jadi, jika suhu kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus arus dan setelah mesin sudah dingin normal kembai, maka akan nyala lagi.

Jadi, jika overload terkena panas yang berlebih akan memutus, dan jika terkena dingin akan menyambung. Ini berarti kebalikannya daripada thermostat.

Overload

Sama dengan thermodise, kalau ini untuk kompresor sedang thermodis biaya untuk elemen panas. Seperti yang terdapat pada setrika, panas dispenser, dan sejenisnya.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Thermistor Pada AC

Apa yang terjadi kalau tidak memakai overload ?

Tentu kompresor akan cepat rusak, karena tidak ada pelindungnya jika sewaktu-waktu terdapat arus listrik yang tidak stabil. Misalnya terkena tegangan tinggi. Serta juga bisa, mesin akan nyala terus menerus padahal termperatur pada kompresor sangat tinggi melebihi batas normal.

Kerusakan yang biasa terjadi pada komponen kulkas yaitu overload ini biasanya.

  • Overload Keropos

Ini disebabkan karena sering terkena panas, kemudian menjadi putus. Sehingga membuat kompresor tidak bekerja karena tidak arus yang masuk ke kompresor terputus di overload tersebut.

  • Overload Kotor

Platina / bimetal kotor ini disebabkan bisa dari debu atau kotoran yang menempel, sehingga arus listrik terhambat tidak sampai pada kompresor, senhingga mengakibatkan mesin tidak nyala dan kulkas tidak dingin.

  • Platina Overload Tidak Berfungsi

Dalam hal ini biasaya disebabkan karena memang dari usia overload tersebut sudah lama. Mesin tetap akan bekerja terus walaupun dalam terperatur kompresor sangat tinggi dan tidak memperdulikan stabil atau tidak listrik yang masuk. Jadi, memakai overload, namun seperti tidak memakai.

Untuk harga relay overload itu sendiri bervariari, tergantung type dan ukurannya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung hubungi kontak kami.

Kesimpulan

Jadi dalam komponen kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, itu terdapat alat yang namanya relay overload. Ini yang berfungsi sebagai pelindung mesin untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada arus listrik yang masuk tidak stabil. Juga untuk menjaga mesin dari over temperature, jadi mesin kompresor masih bisa di selamatkan, dan yang rusak hanya overload tersebut.

Nah, cukup jelas bukan ulasan di atas ? Jika dari pembaca ingin menambahkan atau ada yang belum mengerti mengenai fungsi overload kulkas ini, bisa Anda sampaikan di komentar dibawah ya.
Sekian dulu artikel kali ini, jika bermanfaat share di media sosial Anda semua. Terima

20 Comments

  1. Wahed
  2. ronny
  3. Sitiwardani sigalingging
  4. opik
  5. muhammad yuauf
  6. utam
  7. Eddy
  8. Jerry
  9. Adhie
  10. Idha

Leave a Reply