Fungsi Elemen Panas pada Water Heater

Pengertian dan Fungsi Elemen Panas pada Water Heater -Water Heater pasti telah tidak jadi barang yang asin di zaman modern seperti ini. Tetapi, apa Anda ketahui bagaimana alat ini dapat memanaskan air dengan cepat hingga kita dapat mandi dengan air hangat sesuka kita?
Pada kesempatan ini, Admin bakal mencoba jalaskan satu alat pada water heater yang dapat memanaskan air dengan cepat.

Dalam water heater ada satu alat yang bertindak utama untuk memanaskan air, dapat di dikatakan ini yaitu jantungnya dari satu alat pemanas air. Alat ini kerap kita sebut Elemen Panas.

Pengertian Elemen Panas Pada Water Heater

Elemen Panas Listrik (Electrical Heating Element) pada water heater yaitu suatu alat elektrik yang bisa memanaskan air dengan gampang serta cepat. Sumber panas elemen itu didapatkan dari kawat yang mempunyai tahan listrik tinggi (Resistance Wire) , itulah mengapa kawat itu tak meleleh atau terbakar waktu berlangsung panas. Niklin yaitu bahan yang umum digunakan pada elemen, lalu di lapisi oleh bahan isolasi yang bisa melanjutkan panas, jadi aman untuk dipakai.
elemen panas water heater
Cepat atau lambat water heater dalam memanaskan air di tetapkan oleh besar kecilnya watt yang ada pada elemen. Tetapi, harus juga di cocokan dengan tabung water heater berpa liter air yang bakal di panasi. Alat elektrik rumah tangga seperti setrika, magic com, solder, panas pada dispenser, dan lain lain juga memakai komponen basic elemen.

Ukuran elemen yang umum di gunakan pada water heater yakni :

  • Water Heater kecil ± 250 watt – 500 watt
  • Water Heater tengah ± 700 watt – 1200 watt
  • Water Heater Besar ± 1200 watt – 2000 watt

Fungsi elemen pada Water Heater

Untuk memanaskan air yang ada pada tabung water heater dengan sumber panas dari kawat yang mempunyai tahanan listrik tinggi, memiliki bahan niklin serta di lapisi isolasi yang lalu di aliri arus listrik yaitu manfaat dari elemen pada water heater.

Baca juga : Jasa service pemanas air profesional di Jakarta

Untuk menghindari agar tak berlangsung panas yang berkelebihan (over heating) , umumnya water heater memakai satu alat yakni Thermostart.

Langkah kerjanya lebih kurang seperti ini, ketika water heater di colokin ke listrik, thermostart bakal kirim arus listrik pada elemen untuk memanaskan air di dalam tabung water heater, serta sesudah air panas dengan suhu yang kita tentukan pada thermostart, jadi thermostart bakal memutus arus yang tadi ke elemen, apabila panas air sudah menyusut, jadi thermostart bakal automatis kirim aliran listrik lagi ke elemen, serta demikian selanjutnya.

Nah saat ini sudah mengetahui kan apakah itu fungsi elemen panas pada water heater ? Janganlah lupa share ke rekan-rekan di media social rekan-rekan, untuk memberi pengetahuan kita terutama pada komponen-komponen yang ada pada water heater, serta tinggalkan komentar jika ada yang belum jelas..

2 Comments

  1. Peri

Leave a Reply