5 Fungsi AC Yang Belum Anda Ketahui Sebelumnya

5 Fungsi AC Yang Belum Anda Ketahui – Mungkin selama ini yang kita tahu AC berguna untuk menurunkan suhu pada volume ruangan tertentu. Namun ternyata AC mempunyai peran lain selain fungsi utama. Sadar atau tidak, hal ini sebenarnya telah kita rasakan saat kita berada pada ruangan yang menggunakan AC. Jika kita amati, fungsi lain itu akan kelihatan nyata.

fungsi ac yang belum anda ketahui

Anda penasaran ? atau bahkan tidak percaya bahwa fungsi AC tidak hanya untuk mendingan suatu ruangan. Sama, awalnya saya juga kepikiran sama seperti yang ada di benak anda. Akan tetapi kenyataannya seperti itu. Dan langsung saja daripada kita sama-sama penasaran, berikut 5 fungsi AC yang belum pernah anda ketahui.

1. Pembasmi Nyamuk

Wah ada-ada saja ini, memangnya obat seranga kok bisa membasmi nyamuk. Etts tunggu dulu, coba perhatikan jika anda tidur menggunakan AC. Apakah anda pernah di gigit nyamuk ? Tentu tidak bukan. Hal ini bisa di benarkan, karena pada AC memiliki teknologi untuk membunuh nyamuk. Selain itu, hal tersebut pernah saya buktikan ketika saya membersihkan atau mencuci AC.

Pada saat tutup indoor AC saya copot, di situ terdapat banyak nyamuk yang mati. Jadi sangat mungkin jika AC bisa membasmi nyamuk. Pernyataan lain, nyamuk selalu mengincar manusia pada suhu tinggi. Jadi jika kita menggunakan AC, tentu suhu badan kita juga menurun, sehingga nyamuk tidak akan mendekati kita. Bandingkan saja dengan anda tidak berada di ruangan yang menggunakan AC dengan yang tidak, pasti akan terdapat banyak nyamuk pada ruangan non AC. Dalam kata lain ini di lakukan pada saat musim nyamuk lho ya.

2. Dapat Membasmi Kuman

Wah admin nya mulai ngarang nih ! Anda jangan salah, ada beberapa AC yang dapat membasmi kuman dengan teknologi. Nama teknologi tersebut iON dan econavi, alat tersebut di fungsikan untuk membunuh benih-benih kuman pada AC. Kita tahu, pada evaporator AC selalu dalam keadaan lembat, tidak menutup kemungkinan jika bisa mendatangkan jentik-jentik kuman. Nah, fungsi dari teknologi tersebutlah untuk membunuh kuman tersebut.

Merk AC yang menggunakan teknologi iON dan econavi bisa anda temukan pada merk Panasonic. Namun ada juga merk lain yang sudah menggunakannya. Jadi sangat rekomended jika anda hendak membeli AC baru, silahkan membeli AC tersebut. Walaupun harganya juga cukup tinggi, akan tetapi anda bisa terhindar dari kuman penyebab penyakit.

3. Pembersih Udara

Ruangan yang memakai AC cenderung memiliki udara yang bersih. Karena angin yang keluar dari fan indoor berguna untuk mensirkulasi udara. Salah satunya menyerap udara kotor yang bercampur debu, kemudian menghembuskan udara dingin dan bersih. Hal ini bisa di buktikan dengan adanya banyak kotoran / debu yang menempel pada filter.

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai pengguna AC membersihkan filter tersebut menimal 1 atau 2 minggu sekali. Jika anda mempunyai anak kecil, dan anak tersebut batuk-batuk saat anda nyalakan AC, bisa jadi filter udara pada indoor telah kotor parah. Oleh sebab itu, sangat di anjurkan untuk selalu rajin merawat AC. ( baca : kenapa AC harus di service walau masih dingin )

4. Memberi Rasa Nyaman Yang Maximal Saat Anda Beristirahat

Udara sejuk yang keluar dari AC, tentu akan memberikan rasa nyaman yang lebih saat kita beristirahat. Dengan begitu, tidur kita juga bisa lebih pulas dan badan terasa segar bugar saat bangun pagi. Bayangkan jika saat musim panas tiba, dan kita tidak memakai AC. Pasti badan terasa berkeringat dan gerah, hal tersebut tentu akan sangat mengganggu istirahat kita bukan.

Tidur tidak bisa jenak, sebentar-sebentar bangun akibat keringat yang menempel pada kulit kita. Namun lain halnya jika anda memang alergi dingin, tidak kenyamanan yang di dapat malah masuk angin jadinya. hehehe

5. Bisa di Fungsikan Sebagaimana Kipas Angin Biasa

Ada sebagian orang yang memiliki AC tapi tidak pernah di pakai atau di nyalakan, karena takut tagihan listrik melonjak, dan memilih membeli kipas angin biasa. Perlu kita ketahui, kalau AC itu juga bisa kita setting dan kita fungsikan seperti kipas angin. Pada mode remote control silahkan anda setting pada posisi dry, dengan pengaturan tersebut maka kompresor tidak akan nyala karena tidak mendapat aliran listrik dari indoor.

Dengan begitu, maka AC akan nyala namun fungsinya hanya bisa menhembuskan angin tanpa hawa dingin. dan ini tidak akan membuat tagihan listrik anda menjadi mahal. Angin yang di hasilkan pun juga lumayan sejuk dari pada kipas angin biasa. Tentu ini akan sangat membantu anda yang takut akan besarnya tagihan listrik yang harus di bayar. ( baca : tips menggunakan AC agar hemat listrik hingga 50% )

Bagaimana dengan anda ? apakah berminat untuk menggunakan AC setelah mengetahui fungsi lain AC di atas. Semoga dengan membaca artikel ini, anda bisa langsung memutuskan untuk menggunakan AC. Karena saat ini harga AC juga sudah terjangkau semua kalangan. Anda bisa mencari harga promo untuk mendapatkan yang lebih murah.

Tinggalkan komentar anda untuk menanggapi artikel 5 fungsi AC yang belum anda ketahui di atas. Tidak ada salahnya juga anda share postingan ini jika anda rasa bermanfaat. Salam

Leave a Reply