Dampak Asap Rokok Terhadap AC dan Harus Kita Hindari

dampak asap rokok terhadap ac
Dampak Asap Rokok Terhadap AC

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, dan semua orang percaya itu. Bahkan semua dokter di mana pun mempunyai pendapat yang sama akan bahaya rokok untuk kesehatan manusia.

Bahaya rokok tidak hanya mengancam si perokok sendiri, tapi juga mengancam orang lain yang berada di dekat orang yang sedang merokok, atau sering disebut perokok pasif.

Namun pada kenyataannya hal ini tidak dihiraukan oleh sebagian banyak perokok. Sering kali kita jumpai masyarakat terutama kaum laki-laki merokok sembarang, dan tidak memikirkan lingkungan sekitar.

Merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan seseorang, namun juga tidak baik untuk benda disekitarnya, untuk pendingin ruangan ( AC ) misalnya. dan berikut beberapa dampak rokok terhadap AC yang perlu kita ketahui dan harus dihindari.

1. Membuat AC cepat kotor

Asap rokok yang mengandung Nikotin dapat menyebabkan AC cepat kotor. Hal karena proses kerja pendingin ruangan tersebut mengambil udara yang berada di ruangan, lalu udara tersebut melewati filter udara, selanjutkan akan di sebarkan lagi oleh kipas FAN yang ada di unit Indoor AC.

Baca Juga : Kenapa AC Harus Dibersihkan Padahal Masih Dingin

Nikotin tersebut akan menempel pada filter udara, sehingga akan terjadi penumpukan nikotin pada filter tersebut. Tentu saja ini membuat AC cepat kotor, sehingga mengakibatkan AC tidak dingin padahal belum waktunya untuk dilakukan cleaning perawatan.

Untuk diketahui, AC perlu dibersihkan setidaknya setiap dua bulan sekali, jika pada ruangan ber-AC dijadikan untuk tempat merokok, tentu belum sampai dua bulan AC sudah membutuhkan perawatan.

2. Warna body Indoor AC berubah dari aslinya

Umumnya, Indoor AC berwarna putih walaupun ada sebagian brand tertentu memiliki warna grey. Namun, jika Anda merokok pada ruangan yang menggunakan AC, warna Indoor tersebut biasanya akan berubah menjadi ke-kuning-kuningan.

Hal ini tidak lain karena Nikotin yang terkandung pada asap rokok. Jika sudah seperti itu, akan sulit untuk dibersihkan, walaupun sudah menggunakan sabun deterjen sebagus apapun.

Tentu warna AC Anda akan jelek, bukan ? dan yang pasti akan membuat AC tidak nyaman untuk dipandang, dan ruangan terlihat seperti tidak terawat.

3. Udara jadi tidak sehat

Karena ruangan yang menggunakan AC biasanya tertutup, hal ini agar proses pendinginan dapat dicapai dengan sempurna. Tentu jika Anda merokok pada ruangan tersebut, udara pun jadi tidak sehat karena disebabkan oleh asap rokok tersebut.

Alangkah baiknya jika Anda berusaha sebisa mungkin untuk tidak merokok di ruangan yang menggunakan AC. Selain tidak baik untuk AC, hal yang utama kesehatan Anda juga akan ikut terganggu.

Toh, misalnya Anda tetap ingin merokok, jadilah perokok yang profesional dan menjaga kebersihan udara dilingkungan Anda, atau pada ruangan ber-AC tersebut.

Baca Juga : Hidup Lebih Sehat Dengan Teknologi Nanoe Pada AC Panasonic

Itulah dampak asap rokok terhadap AC yang harus kita hindari, semoga tulisan ini dapat menyadarkan teman – teman yang perokok agar jangan merokok di ruangan yang kebetulan menggunakan AC. Walaupun sebenarnya itu juga hak Anda sebagai pengguna AC.

(Rh/DsA)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.