5 Daftar Pipa AC Terbaik di Indonesia Untuk Teknologi Inverter

daftar pipa ac terbaik

Daftar Pipa AC Terbaik di Indonesia Untuk Teknologi Inverter – Memilih pipa instalasi AC tidak boleh sembarangan. Harus di lakukan secara teliti dengan membandingkan antara pipa merk ini dengan merk lainnya. Supaya nanti kita tidak menyesal di kemudian hari, misalnya ternyata belum lama di pasang instalasi pipa freon sudah ada yang bocor, patah, dan sebagainya.

Sebaiknya juga di lakukan pada awal-awal sebelum memasang AC. Terlebih jika AC yang akan kita pasang menggunakan freon R32 dan R410a. Jenis freon tersebut mempunyai daya tekanan yang sangat tinggi. Sehingga di sarankan untuk memakai pipa tembaga yang juga memiliki diameter yang cukup tebal. Dengan begitu kita bisa mengantisipasi kemugkinan apa saja yang tidak di inginkan terjadi. ( baca : perbedaan freon R32, R410a, dan R22 )

Pertanyaannya, lalu pipa yang bagaimana yang cocok untuk jenis freon itu tadi ? Pipa AC yang bagus tentu memiliki ciri-ciri yang mudah kita hafal. Di antaranya memiliki ketebalan yang cukup, mudah di gunakan dalam arti pada saat pemasangan instalasi. Sebagai refrensi anda, berikut kami informasikan daftar pipa AC terbaik yang bisa anda gunakan.

5 Daftar Pipa AC Terbaik Untuk Jenis Freon R32 dan Inverter

Nippon Steel

Pipa ini sangat di rekomendasikan untuk AC yang menggunakan teknologi Inverter, dan atau jenis freon R32. Memiliki ketebalan 0,7 mm dan busa yang cukup tebal. Sehingga dapat mencegah terjadinya kondensai. Selain itu, juga sangat mudah dalam pemasangannya. Gampang di tekuk-tekuk jika lokasi penginstalan terdapat banyak belokan, dan tidak mudah patah. Namun, harga pipa Nippon Steel juga relatif cukup tinggi. Akan tetapi jika di pikir-pikir sebanding lah dengan kemudahan-kemudahan dan kelebihannya.

HODA

Pipa AC terbaik kedua yaitu merk HODA. Ketebalan yang di miliki pada pipa ini 0,5 mm sampai dengan 0,6 mm. Beda tipis dengan pipa AC pertama tadi. Jika anda bertanya pada teknisi AC tentang pipa ini, pasti akan banyak yang tahu. Karena pipa AC ini cukup di kenal oleh banyak kalangan pratisi tata ruang dan udara. Tersedia untuk pipa AC 1/2 PK sampai 5 PK. Satu packing atau roll nya meliki 15 m hingga 30 m untuk panjangnya. Dari harga juga di bawah pipa yang pertama, jadi sangat recomend bagi anda yang punya budget pas-pas an.

Tateyama

Pipa AC Teteyama memiliki kualitas yang sangat tinggi. Di rancang khusus untuk penggunaan pendingin ruangan air conditioner. Dalam pembuatannya, pipa ini di proses berdasarkan japanese standard JIS H3300 C1220T juga standard ASMT B280. Oleh karena itu, mampu untuk di aplikasikan pada jenis freon R407a maupun R410a. Panjang pipa pada setiap satu packing hingga 30 m, sehingga tidak perlu memakai banyak sambungan. Cocok untuk instalasi gedung dan bangunan tinggi.

Mueller

Untuk pipa yang satu ini di jual dalam bentuk batangan, beda dengan ketiga jenis pipa di atas. Namun untuk ketebalan sudah tidak bisa di ragukan lagi, yaitu antara 0,76 mm hingga 1,83 mm. Sangat recomend untuk di aplikasikan pada AC kapasitas besar. Namun sayangnya, untuk menggunakan pipa AC ini kita harus membeli isolasi / amarplex sendiri. Karena pipa tersebut di jual tidak dengan berserta isolasi pembungkusnya. Walaupun begitu, kita tidak akan di kecewakan lagi jika untuk kita gunakan pada AC Inverter atau jenis freon tekanan tinggi.

Sankyo

Walaupun tergolong baru, pipa AC sankyo saya masukan dalam daftar pipa AC yang bagus. Karenanya juga memiliki ketebalan yang sudah standard untuk jenis freon R32 maupun R410a. Selain itu, dari segi harga pipa AC tersebut yang paling murah namun memliki kualitas yang mumpuni bila di banding dengan pipa AC merk lain. Oleh sebab itu sangat di rekomendasikan untuk anda yang mencari pipa AC murah dengan kualitas bagus. Sudah banyak ruko, perkantoran maupun rumah tinggal yang mamakainya.

Kesimpulan

Apapun pipa dan merk nya, jika anda ingin aplikasikan pada AC inverter atau freon R32 carilah pipa AC yang memiliki tebal minimal 0,6 mm. Karena seperti yang kita ketahui bersama, AC inverter mempunyai tekanan yang cukup tinggi dan minimal tebal pipa harus 0,6 mm. ( baca : kelebihan dan kekurangan AC inveter )

Di atas merupakan daftar pipa AC terbaik cocok untuk jenis freon R32 dan R140a, yaitu jenis freon yang banyak di gunakan pada produsen AC sekarang. Semoga bisa menjadi refrensi untuk anda yang hendak merencanakan pemasangan unit AC baru. Jangan lupa tinggalkan komentar jika anda punya pengalaman tentang pipa AC merk lain.

Leave a Reply