Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air

mengatasi sensor ac terkena air

Cara Mengatasi Sensor AC Terkena Air – Apabila anda seorang teknisi kendala seperti ini mungkin sering anda temui, yaitu AC tiba-tiba tidak bisa di nyalakan dengan remote setelah kita service.

Langkah yang paling tepat jika menemui masalah seperti ini, tetap tenang dan jangan panik. Coba kita pikir apakah sudah betul saat kita mencuci AC sebelumnya. Bisa jadi hal tersebut di sebabkan karena mata sensor AC terkena air. ( baca : 3 langkah mudah mencegah AC bocor air )

…Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita simak beberapa penyebab yang mengakitabkan AC tidak bisa di nyalakan dengan remote control.

  • Tidak ada arus listrik / terputusnya instalasi lisrik yang dari PLN ke unit AC.
  • Mungkin remote AC anda rusak / batrai habis.
  • Sensor AC lemah / rusak sehingga tidak dapat menangkap signal dari remote control.
  • Mata Sensor AC terkena air.

Kabar baiknya, sekarang anda tidak perlu panik lagi. Karena di kesempatan yanb berbahagia ini, akan saya jelaskan sedikit tips mengatasi sensor control AC yang terkena air sehingga mengakibatkan AC tidak dapat di nyalakan dengan menggunakan remote. Berikut langkah-langkahnya :

Tips Mengatasi Sensor AC Terkena Air

  1. Lap mata sensor dengan menggunakan tisu atau kain halus dan kering.
  2. Apabila dengan cara pertama tidak bisa, coba keringkan mata sensor AC dengan menggunakan hair dryer.
  3. Apabila dengan cara kedua tetap juga belum bisa, coba cabut soket connection sensor yang ke modul, lalu pasang kembali, barangkali soketnya longgar.

mata sensor ac

Apabila dengan ketiga cara di atas masih belum bisa, kemungkinan besar sensor AC sudah rusak dan harus di ganti. Untuk cara memperbaiki nya coba periksa PCB Modul. Jika anda tidak begitu paham dengan elektronik modul / PCB, cobalah minta tolong sama teknisi TV atau yang lebih paham dengan modul elektronik minta untuk memeriksa dan pastikan bahwa semua baik-baik saja. ( baca : tips mengatasi AC yang sering mati hidup sendiri )

Saran : Pastikan sebelum AC di service, anda coba nyalakan AC dengan terlebih dahulu, pastikan AC berjalan dengan normal, baik menggunakan remote maupun secara manual.

Oke sekian sedikit tips cara mengatasi sensor AC terkena air dari saya, semoga bisa anda pahami dan bermanfaat. Apabila rekan-rekan yang lain juga mempunyai cerita yang sama, tetapi punya tips / cara yang lain untuk mengatasinya, bisa teman-teman tambahkan di kolom komentar di bawah ini.

GoodLuck dan Salam Dingin

28 Comments

  1. Alimin
  2. ichal
  3. wahyu
  4. Accalls
  5. kopral jack
  6. Ben Mustofa
  7. Baimhd
  8. gaclle
  9. gaclle
  10. ein
  11. aziZ
  12. Charlie
  13. uni
  14. Gunawan Yusin
  15. Aya

Leave a Reply