Hubungan Antara AC Mobil dan Jamur, Berikut Cara Mengatasinya

ac mobil dan jamur

Hubungan Antara AC Mobil dan Jamur – Jamur bisa tumbuh di mana saja, terutama di tempat tertutup dan jarang diangin-anginkan seperti interior mobil. Jamur bisa cepat berubah menjadi mimpi buruk karena menyebar sangat cepat, menyebabkan bau tidak sedap, mengganggu pemandangan, dan tentu saja tidak sehat.

Lalu, apa hubungan antara jamur dan AC mobil? Dan bagaimana cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dan bagian-bagian lain di interior mobil serta memastikan agar jamur tidak tumbuh kembali? Kami punya jawabannya.

AC Mobil dan Jamur

Tidak banyak orang mengetahui bahwa AC mobil merupakan penyebab utama jamur. Kok bisa? Begini cara jamur menginvasi mobil Anda melalui AC :

  • AC bekerja dengan cara menyedot udara dari luar – yang penuh kuman, bakteri, dan spora jamur, dan mengondensasikannya sebelum mengeluarkannya kembali.
  • Mikroorganisme dan spora jamur yang terisap ke dalam saluran AC memanfaatkan lingkungan lembap di ventilasi AC untuk berkembang biak.
  • Perlahan-lahan namun pasti, perkembangan jamur merembes ke bagian-bagian lain mobil, terutama jika mobil Anda basah dan lembap (misalnya di musim hujan) dan tidak dikeringkan segera.

Ciri-ciri terdapat jamur di mobil

Pernahkah Anda menyalakan AC mobil dan mencium bau tidak sedap? Ini merupakan tanda bahwa saluran AC mobil Anda telah menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya jamur.

Meskipun tidak ada bau yang menyerang hidung Anda, ada juga tanda-tanda lain yang bisa Anda amati:

  • Bintik-bintik hitam atau abu-abu di kaca dan/atau jok mobil.
  • Penumpang mengalami reaksi berupa tenggorokan gatal dan mata berair.

Baca juga : Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Membersihkan AC Rutin 3 Bulan Sekali

Bagaimana cara menanganinya?

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menyingkirkan jamur secara permanen dari mobil adalah mengetahui asalnya. Tentu saja, karena AC merupakan salah satu penyebab utama jamur, periksakan AC mobil Anda ke bengkel spesialis AC untuk mendapatkan diagnosis lengkap dan menggantinya jika perlu.

Setelah sumber kelembapan ditangani, Anda bisa mulai membersihkan jamur dari mobil secara efisien. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka kaca mobil dan gunakan sarung tangan karet dan masker antijamur sebagai pelindung. Ingatlah bahwa jika terhirup, jamur bisa berbahaya bagi kesehatan.

2. Jika ada bintik-bintik jamur di jok mobil, semprotkan cuka putih di atas bintik-bintik hitam tersebut dan diamkan selama setidaknya 10 menit. Kemudian gosok dengan sikat gigi bekas. Ketika bintik-bintik hitam sudah pudar atau hampir hilang, oleskan deterjen dengan kain lap atau mikrofiber dan usap hingga hilang sepenuhnya. Keringkan segera dengan bantuan handuk kering atau pengering rambut.

3. Keluarkan semua karpet mobil, cuci bersih, dan keringkan. Jika memungkinkan, keringkan di bawah sinar matahari, terutama karpet yang terbuat dari kain.

4. Gunakan mesin pengisap debu untuk membersihkan keseluruhan bagian dalam mobil. Jamur bisa tumbuh subur berkat remah-remah makanan yang tercecer di mobil.

5. Jika jamur juga menginvasi kaca mobil, inilah cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang bisa Anda coba:

  • Dengan menggunakan kain mikrofiber berkualitas, usapkan produk pembersih kaca antijamur yang bisa Anda beli di toko otomotif. Pastikan membeli produk yang bebas amonia agar kaca tidak justru menjadi buram.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan segera.
  • Ulangi kedua langkah di atas jika bintik-bintik jamur belum hilang sepenuhnya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan jamur pada kaca mobil lainnya dengan produk alami jika Anda ingin menghindari penggunaan bahan kimia.

Baca juga : Panduan Cara Mengatasi AC Tidak Dingin Lengkap A sampai Z

Jika masalah jamur di mobil sudah telanjur parah atau Anda sudah mencoba cara-cara di atas tanpa ada hasil, gunakan jasa profesional. Selain sudah terbiasa mengatasi masalah jamur di mobil, pembersih mobil profesional juga memiliki alat-alat yang lebih ampuh yang tidak Anda miliki.

Jika Anda tidak memiliki masalah jamur di mobil, usaha pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Bersihkan mobil secara rutin dengan pengisap debu dan keringkan segera jika jok atau karpet mobil basah. Selain itu, periksa AC secara rutin dan perhatikan tanda-tanda invasi jamur agar Anda bisa menghentikannya sebelum jamur tumbuh subur di mobil Anda.

Semoga artikel hubungan antara AC mobil dan jamur di atas bisa menambah wawasan kita, khususnya untuk menghindari berkembangnya jamur pada mobil kesayangan kita.

Leave a Reply